tips memilih tensimeter

Tips Memilih Jenis Tensimeter Untuk Kebutuhan Di Rumah

Ada beberapa jenis tensimeter yang bisa kita jumpai, secara umum ada dua macam yaitu tensimeter digital dan tensimeter manual. Sebagaimana kita ketahui, tensimeter adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Alat ini pasti dapat kita temukan di rumah sakit atau klinik dan juga pusat – pusat layanan kesehatan lainnya.

Berbicara tentang tekanan darah, merupakan satu hal yang menarik karena tekanan darah sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Bahkan hal pertama yang diperiksa ketika kita datang ke dokter adalah tekanan darah bukn. Hal ini tidak lain karena tekanan darah memang benar – benar mempengaruhi kesehatan kita.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan karena pengaruh tekanan darah yang tidak normal adalah selalu mengontrol kondisi tekanan darah kita. Tidak perlu khawatir, anda tidak harus pergi ke dokter karena tensimeter bisa anda beli sendiri di toko atau distributor alat kesehatan seperti di toko kami.

Memilih Jenis Tensimeter Yang Tepat

Mungkin tidak banyak yang mengetahui secara detail tentang alat pengukur tekanan darah atau Tensimeter ini. Diatas sudah dijelaskan sedikit tentang jenis tensimeter yaitu tensi manual dan tensi digital. Berikut ini sedikit ulasan mengenai hal – hal yang perlu diketahui sebelum anda menentukan jenis tensimeter apa yang ingin anda beli untuk kebutuhan anda di rumah.

Tensimeter Manual

tips memilih tensimeter

Tensi Manual adalah alat ukur tekanan darah yang umum kita jumpai di puskesmas atau di rumah sakit, walaupun sekarang sudah banyak juga yang menggunakan alat ukur digital. Ciri dari tensimeter ini yaitu tidak menggunakan energi listrik (baterai).

Menggunakan manometer (penunjuk skala ) dengan tabung air raksa atau dengan jarum. Namun sekarang, tensimeter air raksa sudah tidak dianjurkan digunakan karena alasan keamanan. Berikut ini hal – hal terkait dengan tensimeter manual yang perlu anda ketahui.

  • Tidak menggunakan tenaga listrik baterai
  • Pemompaan manset dengan sistem manual
  • Terkadang membutuhkan stetoskop untuk mempermudah proses pengukuran
  • Hasil pengukuran dianalisa dan ditentukan oleh manusia (pengukur)
  • Perlu sedikit belajar dan latihan untuk dapat menggunakannya secara mahir
  • Harganya lebih murah dibandikan dengan tensi digital
  • Dianggap lebih akurat karena hasil ditentukan oleh manusia, tanpa sensor elektromagnetik.

Pelajari : Langkah – langkah menggunakan tensi manual dengan mudah

Tensimeter Digital

tips memilih tensimeter

Memiliki fungsi yang sama, namun mempunyai sistem yang berbeda. Teknologi digital membuat tensimeter ini tidak perlu pompa manual. Dilengkapi dengan pompa mekanik yang digerakkan dengan sistem mikro komputer elektromagnetik dapat memompa manset sejauh yang dibutuhkan.

Kemudian dapat pula menurunkan tekanan sehingga manset kembali kempes. Lalu tensi digital akan memperlihatkan data hasil pengukuran pada layar tanpa perlu analisa dari pengukur. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang tensi digital.

  • Menggunakan tenaga listrik (baterai) atau catu daya eksternal
  • Pompa manset dilakukan secara otomatis
  • Praktis (cukup) menekan satu tombol
  • Hasil pengukuran sepenuhnya dilakukan oleh sensor yang bekerja pada alat
  • Harga relativ lebih mahal dibandingkan dengan jenis manual
  • Hasil dapat terpengaruh dengan kondisi baterai atau pemasangan manset yang kurang tepat
  • Untuk hasil yang lebih baik, rata – ratakan dari tiga hasil pengukuran

Tips Memilih Jenis Tensimeter Untuk Di Rumah

Anda sebenarnya bebas memilih antara jenis tensimeter digital atau manual. Namun terkadang kondisi orang yang satu dan yang lainnya berbeda. Berikut ini beberapa opsi yang bisa anda jadikan referensi ketika anda bingung memilih antara jenis tensi manual atau digital.

  • Bila anda orang yang memiliki kesibukan cukup padat, otomatis anda bisa memilih jenis tensimeter digital karena lebih praktis dan cepat
  • Bila anda terkendala dengan anggaran yang minim, pilih saja tensimeter manual yang harganya lebih murah namun konsekuensinya anda harus mau belajar dan berlatih cara menggunakannya.
  • Jika anda menginginkan hasil yang akurat dan teranalisa secara manual, secara otomatis anda butuh tensimeter manual.

Nah, mungkin itu saja beberapa hal yang bisa kami sampaikan tentang bagaimana memilih jenis tensimeter atau alat ukur tekanan darah untuk keperluan pribadi. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian, sekian dan silahkan kunjungi katalog alkes toko kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *