Tips Memilih Defibrillator Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memilih alat defibrillator baik itu jenis dan juga modelnya penting ketika anda akan membeli sebuah unit defibrillator. Ada kalanya penguna sulit untuk menentukan produk mana yang akan dipilih. Tulisan ini memberikan sedikit gambaran tentang beberapa opsi yang bisa anda jadikan referensi dalam menentukan pilihan unit defibrilasi yang akan anda beli.

Tips Memilih Defibrillator Sesuai Kebutuhan

Sebagaimana kita ketahui, Defibrillator merupakan alat Emergency yang digunakan untuk memberikan pertolongan pada kasus henti jantung. Baik AED atau Defibrillator Manual memiliki fungsi yang sama. Diantara bebrapa jenis defibrillator yang kita kenal, dua jenis tersebut yang paling banyak digunakan seceara umum sebagai alat keselamatan. Berikut ini beberapa opsi yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih defibrillator.

# Dimana Defibrillator Akan Ditempatkan

Masing – masing anda ketika harus membeli sebuah perangkat defibrillator tentunya memiliki maksud dan tujuan yang berbeda – beda. Hal ini karena memang kebutuhan unit ini tidak hanya di rumah sakit saja. Jadi, pertama dimana perangkat ini akan anda tempatkan ? Apabila untuk kebutuhan rumah sakit ? Anda bisa pilih Defibrilltor Monitor, hal ini karena fungsinya yang lebih menyeluruh dan juga di rumah sakit mestinya terdapat tenaga medis yang berpengalaman dalam masalah aritma jantung. Jadi penggunaan defibrillator manual lebih direkomendasikan untuk rumah sakit atau instansi medis.

Untuk kebutuhan di lokasi public seperti di tempat wisata, pabrik, air port, universitas, dan lain sejenisnya anda bisa pilih jenis AED (Automatic External Defibrillator). Hal ini karena memang AED dirancang secara khusus untuk digunakan oleh orang awam. Selain itu AED juga dilengkapi dengan berbagai sistem yang otomatis sehingga mudah diikuti dan digunakan secara cepat oleh siapa saja.

# Biphasic & Monophasic

Untuk opsi kedua ini, sekarang sudah jarang produk defibrillator dengan gelombang monophasic. Hampir keseluruhan defibrillator keluaran sekarang menggunakan teknologi gelomang biphasic yang telah terbukti memiliki efisiensi yang tinggi dan juga tingkat keberhasilan yang lebih baik. Jadi, untuk opsi ini direkomendasikan untuk memilih jenis gelombang Biphasic. Silahkan baca : perbedaan biphasic dan monophasic agar anda lebih paham tentang kedua jenis ini.

# AED Otomatis & Semi Otomatis

Sebagian pengguna mungkin tidak mengetahui bahwa untuk unit AED ada dua macam yakni full otomatis dan semi otomatis. Dimana letak perbedaanya ? Perbedaanya terletak pada sistem pemberian kejutan. Ketika unit defibrillator telah mendeteksi adanya irama jantung yang berbahaya seperti fibrilasi ventrikel pada AED otomatis kejutan akan otomatis dikirimkan oleh unit pada korban. Sedangkan pada AED Semi Otmoatis perangkat akan memberi instruksi kepada pengguna untuk menekan tombol “Kejut”. Untuk opsi ini, anda bisa tentukan sendiri mana yang akan anda pilih.

# Jenis Pasien

Energi yang diberikan pada orang dewasa, dan anak – anak tentunya berbeda. Tidak hanya energi, elektroda pads yang digunakan juga tidak sama. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada alat, anda bisa memilih produk defibrillator atau AED yang memiliki spesifikasi jenis pasien secara keseluruhan baik anak ataupun dewasa. Salah satu diantara beberapa produk yang rekomended adalah AED Philips FRx.

# Garansi Dan Ketersediaan Aksesoris

Opsi berikutnya yang juga perlu anda ketahui dan pertimbangkan adalah terkait ketersediaan aksesoris dan juga garansi. Sebgaimana kita ketahui bersama, Baterai AED dan Pads AED memiliki batas umur simpan yang paling lama sekitar 5 tahun. Dan setelah masa ini, Baterai dan Pads sudah tidak dapat digunakan meskipun belum pernah digunakan sebelumnya. Oleh sebab itu, pastikan ketersediaan aksesoris yang mudah ketika anda membeli satu produk AED atau Defibrillator.

Selain itu, pastikan juga anda mendapatkan Garansi Resmi dan Service Centre yang mudah. Hal ini untuk mengatasi kemungkinan berbagai macam masalah yang dihadapi setelah anda membeli unit AED atau Defibrillator.

Untuk itulah anda sebaiknya membeli produk alat medis di toko kami. Jaminan Garansi Resmi, Produk Original dan After Sales terjamin. Kunjungi katalog defibrillator di website ini untuk memilih berbagai macam model alat defibrillator sesuai dengan keinginan anda. Hubungi kontak kami untuk dapatkan informasi lebih lengkap terkait produk, harga dan pemesanan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!