prosedur pemasangan ekg

Mengenal Secara Singkat Prosedur Pemeriksaan EKG

Proses rekam jantung dengan menggunakan alat ECG (Electrocardiograph) merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk pemeriksaan pada pasien dengan gangguan irama jantung. Dalam dunia medis hal ini dilakukan untuk memberikan diagnosis yang lebih pasti terkait dengan gejala pada pasien yang mengarah pada gangguan jantung. Berikut ini sedikit ulasan tentang bagaimana proses pemeriksaan EKG atau ECG dilakukan. 

Persiapan Pemeriksaan 

Pemeriksaan EKG tidak memerlukan persiapan yang rumit dan sistematis. Dari pasien yang dibutuhkan hanya data yang biasanya disebut dengan Informed Consent. Data tersebut berisi informasi lengkap tentang pasien mulai dari Nama, usia, jenis kelamin hingga informasi terapi obat yang sedang dijalani. 

Selain itu perlu disiapkan beberapa hal terkait fisik pasien : 

  • Mencukur bulu dada bagi mereka yang memiliki bulu dada yang lebat. 
  • Melepaskan semua aksesoris yang mengandung logam 
  • Memastikan semua lokasi yang akan ditempel elektroda dalam keadaan bersih. Bila perlu dibersihkan dengan menggunakan alkohol

Kemudian yang harus disiapkan adalah alat EKG atau satu set alat EKG dengan komponen yang lengkap. Perlu diketahui. Alat EKG terdiri dari beberapa set kelengkapan sebagai berikut : 

  • Main Unit atau Mesin EKG
  • Elektroda (6 Elektroda Prekordial dan 4 Elektroda Ektremitas)
  • Kabel EKG (Set kabel yang menghubungkan mesin EKG dengan Elektroda)
  • Kertas EKG yang sesuai dengan jenis alat EKG yang digunakan

Prosedur Pemeriksaan EKG 

Setelah memperhatikan beberapa persiapan fisik dan alat. Prosedur EKG dilakukan pada pasien dengan mengekspos bagian atas (dada pasien) oleh sebab itu, harus dilakukan di ruang tertutup.  

Pemasangan Elektroda EKG

Semua tenaga medis terutama dokter dan perawat pastinya sudah mendapatkan materi dan juga training bagaimana cara atau prosedur pemasangan elektroda EKG di dada pasien. Berikut informasi yang kami dapat terkait dengan posisi pemasangan Elektroda EKG di dada pasien. 

Elektroda Prekordial

Elektroda ini berjumlah 6 buah. Biasanya diberi simbol C atau V. Sebut saja. C1, C2, C3, C4, C5 dan C6. Berikut posisi peletakannya

  1. C1 Ruang intercostal IV sternal sebelah kanan
  2. C2 Ruang intercostal IV sternal sebelah kiri
  3. C4 Ruang intercostal V Midclavicula kir
  4. C3 Antara V2 dan V4
  5. C5 Sejajar V4 pada garis aksila bagian depan
  6. C6 Sejajar V4 pada garis Mid aksila kiri

Elektroda Ekstremitas

Sedangkan Elektroda Ekstremitas berjumlah 4 buah yang terpasang pada pergelangan tangan dan kaki. Masing – masing sebagai berikut : 

  1. RA (Right Arm) dipasang pada pergelangan lengan kanan
  2. LA (Left Arm) dipasang pada pergelangan lengan kiri
  3. RL (Right Leg) dipasang pada pergelangan kaki kiri
  4. LL (Left Leg) dipasang pada pergelangan kaki kanan

Setelah Pemeriksaan EKG

Terkadang pemeriksaan EKG tidak selalu berjalan lancar. Ada banyak faktor yang membuat hasil pengukuran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun tidak perlu khawatir. Karena proses bisa dilakukan kembali atau diulang. Diantara beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya karena pasien terlalu banyak bergerak saat proses pemeriksaan berlangsung.

Baca juga : Kisaran Biaya Pemeriksaan EKG di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!