perbedaan sterilisator kering dan autoclave

Pilih Mana : Sterilisator Kering VS Autoclave ?

Sterilisasi menjadi prosedur wajib di lingkungan medis baik rumah sakit, klinik dan pusat – pusat layanan medis lainnya. Hal ini tentu bertujuan untuk membuat masyarakat pengunjung rumah sakit serta elemen yang terdapat di dalamnya merasakan ketenangan dan kenyamanan serta rasa takut akan penularan penyakit. Kita mengenal ada dua macam alat sterilisasi alat medis yang digunakan di rumah sakit, sterilisator kering dan autoclave, mau pilih yang mana ? Kita simak ulasan singkat tentang beberapa perbedaan antara sterilisator kering (dry heat sterilizer) dan Autoclave.

Kedua alat tersebut sama – sama digunakan pada metode sterilisasi fisik dengan pemanasan. Bedanya, yang satu panas kering dan yang lainnya panas uap. Namun kita tidak mengenal secara detail tentang karakteristik masing – masing alat ini. Yang kita tahu, keduanya dapat dan bisa digunakan untuk sterilisasi alat – alat kesehatan di rumah sakit, laboratorium dan juga klinik.

Secara umum, kedua alat ini sudah pernah kita bahas pada postingan yang lalu tentang macam – macam alat sterilisasi. Hanya saja, kita tidak membahas secara mendetail. Hanya di bagian permukaannya saja. Barangkali anda membutuhkan informasi lebih detail mengenai dua jenis alat ini sehingga anda akan bisa memilih mana alat sterilisasi yang tepat untuk rumah sakit atau klinik anda.

Dry Heat Sterilizer (Sterilisator Kering)

Sterilisator kering juga termasuk alat sterilisasi yang banyak digunakan dalam dunia medis. Unutk mensterilkan alat – alat medis dari mikroba berbahaya hingga tingkat spora alat ini harus mencapai suhu tinggi. Setidaknya kurang lebih harus mencapai 170 °C dalam waktu kurang lebih selama 1 jam (60 menit). Namun demikian, sterilisator kering sangat cocok digunakan untuk mensterilkan peralatan – peralatan yang terbuat dari logam. Khususnya benda – benda tajam karena tidak merusak ketajaman.

Selain benda – benda yang terbuat dari logam, sterilisator kering juga efektif digunakan untuk mensterilkan benda – benda yang mengandung unsur bubuk, lemak, atau minyak. Peralatan yang terbuat dari bahan kaca, hidrofobik juga baik distrilkan menggunakan alat sterilisasi ini.

Autoclave

Seharusnya kita sudah sangat mengenal alat ini. Sudah begitu banyak pembahasan mengenai Autoclave mulai dari Bagian – Bagian Autoclave, Jenis Autoclave hingga contoh prosedur penggunaan autoclave untuk sterilisasi. Berbeda dari sterilisator kering, Autoclave menggunakan suhu tinggi dan juga tekanan tinggi untuk menghancurkan mikroba berbahaya seperti virus dan bakteri dalam satu alat. Jika sterilisator kering menggunakan suhu hingga 170 °C, Autoclave hanya cukup mencapai suhu sekitar 121 °C dan hanya membutuhkan waktu selama 15 menit.

Selain efektifitas dari sisi waktu dan suhu yang digunakan, Autoclave juga cukup fleksibel karena dapat digunakan untuk mensterilisasi berbagai macam peralatan. Namun demikian, Uap bisa merusak istrumen yang tidak terlindungi. Oleh sebab itu, dibutuhkan pouch ketika akan mensterilkan instrument bedah dengan menggunakan Autoclave. Selain itu, ketika anda menggunakan Autoclave, ketika proses selesai anda juga harus mengeringkan peralatan sebelum dimasukkan dalam wadah steril untuk disimpan. Hal ini mengingat kelembaban bisa juga mengandung mikroba yang kembali menempel pada alat.

Diantara peralatan yang baik disterilkan menggunakan autoclave diantaranya seperti bahan – bahan yang mudah terbakar, media kultur jaringan, cairan, dan bahan – bahan lainnya yang akan menjadi rusak apabila dipanaskan menggunakan panas yang kering. Panas yang dihasilkan dalam Autoclave merupakan panas basah atau panas Uap, selain itu juga melibatkan tekanan tinggi saat proses sterilisasi berlangsung.

Nah, sekarang anda telah mengetahui lebih detail tentang Sterilisator Kering dan juga Autoclave. Anda akan lebih mudah memilih mana yang akan anda gunakan di instansi anda. Atau anda akan menggunakan keduanya, karena kebutuhan sterilisasi anda harus menggunakan dua alat tersebut. Hal ini tentu sangat baik karena akan sangat efisien dalam proses sterilisasi. Anda tidak perlu khawatir, karena dua jenis alat sterilisasi tersebut sudah kami sediakan dari berbagai brand terkemuka yang sudah teruji kualitasnya. Anda bisa cek produknya di katalog Autoclave di toko kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!