macam alat sterilisasi

Mengenal Beberapa Macam Alat Sterilisasi

Macam alat sterilisasi cukup banyak, baik dari sisi jenisnya maupun metode sterilisasinya. Tentunya yang kita maksudkan adalah sterilisasi yang berhubungan dengan mikroba, bukan sterilisasi dengan makna yang lain. Setelah kemarin kita mengetahui berbagai macam metode sterilisasi, yang tidak lain juga menggunakan alat – alat yang berbeda – beda. Kali ini kita akan mengenal beberapa macam alat – alat sterilisasi khususnya yang digunakan dalam dunia kesehatan dan laboratorium.

Alat sterilisasi sangat erat hubunganya dengan metode sterilisasi. Namun karena kita sudah membahasnya panjang lebar, sekarang kita akan fokus pada alat yang digunakan, walaupun nantinya juga akan sedikit disinggung kembali tentang metode yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak pembahasannya sebagai berikut :

Mengenal Macam – Macam Alat Sterilisasi Kesehatan

Dalam dunia kesehatan dan juga laboratorium, sterilisasi merupakan satu prosedur yang wajib dilakukan. Di pusat pelayanan medis seperti rumah sakit dan klinik sterilisasi dilakukan pada hampir seluruh peralatan yang tidak termasuk alat disposable (sekali pakai). Dari mulai alat bedah, alat medis penunjang, dan peralatan non medis juga dilakukan sterilisasi secara berkala. Bahkan beberapa ruang di rumah sakit juga dilakukan sterilisasi. Langsung saja berikut ini bebrapa macam alat sterilisasi yang digunakan.

Autoclave

Kita tentu tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Autoclave terkadang juga ditulis dengan Autoklaf, bahkan ada juga yang menyebut dengan Otoklaf. Apapun sebutan dan tulisannya, pada intinya berujung pada satu alat yakni Autoclave. Alat ini tidak hanya digunakan di rumah sakit atau klinik saja, melainkan juga di laboratorium medis dan non medis seperti industri dan pertanian. Autoclave bekerja dengan menggunakan prinsip Uap Bertekanan.

Karena prinsip kerja inilah, autoclave disebut sebagai alat sterilisasi yang efektif membersihkan mikroba hingga tingkat spora. Sebagian alat lain tidak dapat melakukan sterilisasi hingga tingkat ini. Sebagaimana sudah kita ulas di artikel yang lalu, ada beberapa jenis autocave dengan prinsip kerja yang sedikit berbeda. Namun demikian, secara umum metode sterilisasi yang dilakukan sama saja.

Cek : Daftar Produk Autoclave & Sterilisator Kering Terbaik

Dry Heat Sterilizer (Sterilisator Kering)

Macam alat sterilisasi yang kedua adalah Dry Heat Sterilizer atau yang sering disebut dengan istilah sterilisator kering. Alat ini juga disebut dengan istilah Oven steriliasai, hal ini karena sistem kerja dan prinsip kerjanya persis seperti alat Oven listrik. Dry Heat Sterilizer digunakan untuk sterilisasi dengan metode panas kering. Alat ini juga dipergunakan di berbagai bidang, tidak terkecuali rumah sakit.

Sistem kerja alat ini adalah dengan radiasi panas yang menyebar dari satu pemancar ke seluruh ruangan. Dengan panas oksidasi inilah mikroba seperti bakteri atau virus akan terbakar dan mati. Untuk varian alat ini sendiri, terkadang ada dua jenis. Satu pintu dan dua pintu. Bedanya hanya terdapat mode sterilisasi berbeda dengan menggunakan ozon di bagian kedua.

Pemancar panas yang ada pada dry heat sterilizer dihasilkan dari sinar infra merah dengan suhu tinggi dengan rancangan khusus sehingga dapat menyebar ke seluruh ruangan dan juga mengenai setiap sisi dari benda atau alat media yang diseterilkan. Namun alat ini tidak dapat digunaan untuk mensterilkan benda – benda yang dapat berubah fisik karena pemanasan secara oksidasi.

Lampu UV Sterilisasi

Sedikit berbeda dari dua macam alat sterilisasi yang sudah kita bahas diatas. Kalau kita melihat dari segi cara kerjanya, kedua alat sterilisasi tersebut menggunakan pemanasan. Lampu UV ini biasanya digunakan pada media air ataupun udara. Dalam dunia medis alat ini digunakan untuk mensterilkan ruangan rumah sakit yang memang harus dalam kondisi steril. Pada kesempatan yang lalu kita juga sudah membahas terkait hal ini yakni contoh prosedur sterilisasi ruang di rumah sakit. Anda bisa membaca ulang agar lebih paham dengan alat ini.

Cairan Desinfektan & Antiseptik

Macam alat sterilisasi berikutnya adalah bahan – bahan kimia yang bersifat desinfektan dan antiseptic. Bahan – bahan tersebut juga masuk pada alat kesehatan atau alat medis. Ada beberapa bahan – bahan kimia yang digunakan sebagai alat sterilisasi sebagaimana sudah kita sebutkan pada pembahasan metode sterilisasi. Cairan desinfektan ini berfungsi untuk sterilisasi di bagian awal, sebelum dilanjutkan dengan sterilisasi dengan Autoclave atau Sterilizer. Anda bisa baca keteranganya di bahasan cara sterilisasi dengan Autoclave.

Lampu Pijar (Bunsen)

Mungkin alat ini sudah tidak lagi digunakan di era modern seperti sekarang ini. Dulu, sterilisasi dilakukan secara langsung dengan membakar alat yang akan disterilkan. Tentu saja tidak semua alat dapat disterilkan dengan cara tersebut. Sterilisasi dengan pemijaran langsung digunakan pada alat – alat yang terbuat dari logam seperti jarum. Namun demikian, lampu ini termasuk dalam alat sterilisasi yang juga kita sebutkan dalam bahasan kali ini.

Mungkin ini saja yang bisa kita bahas pada ksesempatan kali ini. Ada banyak sekali jenis – jenis, model, tipe dan juga brand alat – alat sterilisasi baik itu jenis sterilisasi uap seperti autoclave, dan juga alat sterilisasi kering. Anda bisa pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit anda. Mulai dari pemilihan volume, jenis (tipe) dan juga merk serta pertimbangkan juga berapa budget anggaran anda. Anda bisa juga menghubungi kontak kami agar kami bisa membantu anda untuk dapatkan produk yang tepat sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!