biaya pemeriksaan ekg

Inilah Beberapa Kisaran Biaya Pemeriksaan EKG Di Kota – Kota Besar Di Indonesia

Biaya periksa EKG tentu saja sangat bervariasi. Hal ini bergantung pada beberapa hal. Pertama kebijaksanaan internal rumah sakit. Kemudian dari jenis pemeriksaan yang dilakukan. Mengikuti harga alat yang digunakan. Dan tergantung juga pada lokasi, apakah di kota besar atau di kawasan perdesaan yang masih jarang tersentuh teknologi. Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang kisaran harga pemeriksaan EKG bisa anda simak artikel singkat berikut ini. 

Pengertian Singkat EKG

EKG merupakan kepanjangan dari Elektrokardiografi dalam bahasa asalnya disebut dengan Electrocardiograph dan disingkat ECG. Merupakan suatu uji atau pemeriksaan untuk mendiagnosis lebih lanjut penyakit gangguan irama jantung. Alat EKG bekerja dengan merekam aktifitas kelistrikan otot jantung saat memompa darah. 

Hasil pemeriksaan dari alat EKG berupa grafik sinus dengan karakteristik yang khas. Grafik tersebut akan menunjukkan kondisi irama jantung normal atau tidak normal. Seorang pasien dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan EKG jantung apabila kondisi dan gejala yang dialami mengarah pada gangguan jantung. 

Berapa Biaya Pemeriksaan EKG Jantung ?

Sudah kita singgung di bagian atas, bahwa harga satu kali proses pemeriksaan EKG masing – masing laboratorium atau klinik dan juga rumah sakit berbeda – beda. Banyak faktor yang menentukannya. Namun kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber seperti yang sudah kami himpun dalam artikel ini. Berikut ini data kisaran biaya pemeriksaan EKG di kota – kota Besar di Indonesia.

1. Jakarta

Sebagai ibukota, tidak aneh ketika semua harga kebutuhan pokok di sini mahal. Demikian pula dengan nilai UMK pemerintah provinsi DKI Jakarta. Juga pastinya akan juga lebih banyak dibandingkan dengan kota lainnya. Nah, bagaimana dengan biaya kesehatan termasuk di dalamnya biaya untuk pemeriksaan EKG ? Di Jakarta biaya untuk pemeriksaan ini berkisar antara 60 ribu hingga 300 ribu rupiah. Contohnya di klinik Miracle Setiabudi Jakarta. Biayanya mulai dari 80 ribu rupiah.

2. Yogyakarta

Berbeda dengan kota gudeg Yogyakarta. Kondisi kota yang sangat ramah dengan budaya lokal yang merambah ke berbagai sudut membuat biaya hidup di kota ini masih lumayan murah jika dibandingkan dengan kota – kota besar lainnya seperti Jakarta. Demikian pula untuk pemeriksaan EKG atau rekam jantung, di kota Yogyakarta biayanya berkisar antara 50 ribu hingga 200 ribu rupiah. Bahkan ada yang lebih murah lagi, seperti di RS PKU Muhamadiah Gamping. Biaya pemeriksaan mulai dari 46 ribu rupiah. 

3. Semarang

Di kota Semarang, tidak banyak klinik dan laboratorium yang memiliki alat EKG. Di beberapa rumah sakit setingkat RSUD biaya pemeriksaan EKG mulai dari 100 ribu hingga 250 ribu rupiah. Anda yang tinggal di kota semarang, memang harus merogoh kocek lebih dalam untuk pemeriksaan ini dibandingkan anda yang tinggal di kota Yogyakarta. Contoh di Rumah Sakit Banyumanik, harga pemeriksaan mulai dari 115 ribu rupiah. 

Masih ada banyak lagi kota – kota besar di Indonesia seperti Bandung, Palangkaraya, Medan dan lainnya. Kisaran biaya pemeriksaan EKG juga sangat bervariasi namun kita bisa gunakan acuan tiga kota besar tersebut diatas. Kita bisa ambil dan dapatkan kesimpulan kisaran biaya yang kita keluarkan untuk pemeriksaan EKG mulai dari 50 ribu hingga 300 ribu rupiah tergantung dimana anda melakukan tes dan juga prosedur tes seperti apa yang anda jalani. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!