alat penghangat bayi

Mengenal Alat Penghangat Bayi (Infant Warmer)

Berkenalan dengan berbagai macam alat kesehatan yang ada di unit – unit pelayanan medis seperti rumah sakit dan klinik memang tidak ada habisnya. Mengapa demikian ? Karena saking banyaknya. Kali ini kita akan berkenalan dengan satu alat medis yang digunakan untuk pasien khusus bayi yaitu alat penghangat bayi. Apa fungsi alat ini dan bagaimana cara kerjanya ? Kita akan simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Infant Warmer

Alat penghangat bayi atau disebut dengan istilah infant warmer, adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk menghangatkan bayi yang baru lahir. Apakah semua bayi yang baru lahir harus menggunakan alat tersebut ? tentu saja tidak. Hanya bayi – bayi dengan kondisi tertentu yang perlu mendapatkan terapi hangat dengan alat ini. Yaitu bayi yang mengalami gangguan hipotermia dimana suhu tubuhnya belum bisa beradaptasi dengan suhu lingkungan. Sehingga kerap kali bayi mengalami kedinginan.

Mengenal Prinsip Dasar Kerja Infant Warmer

Pada dasarnya, alat penghangat bayi baru lahir ini sama seperti alat penghangat pada umumnya. Alat ini terdiri dari elemen penghangat sebagai komponen utama, matras atau ranjang bayi yang digunakan untuk meletakkan bayi saat diterapi. Kemudian dilengkapi dengan sistem kontrol yang digunakan untuk melakukan berbagai macam pengaturan seperti pengaturan suhu, waktu dan juga deteksi suhu tubuh bayi. Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjutkan bahasan ini dengan melihat bagian – bagian infant Warmer dan fungsinya.

Mengenal Bagian – Bagian Infant Warmer Dan Fungsinya

Ada banyak macam alat infant warmer atau alat penghangat bayi yang ada di pasaranya. Namun umumnya, alat tersebut tidak lepas dari beberapa bagian – bagian penting yang harus ada di dalam alat tersebut. Berikut ini gambar dan bagian – bagian infant warmer.

  • Elemen Pemanas – Komponen ini termasuk komponen yang cukup penting dalam infant warmer karena berfungsi sebagai sumber panas yang akan diradiasikan pada tubuh bayi
  • Control BOX – Ini adalah sebuah rangkaian kontrol yang berfungsi sebagai sistem kontrol yang mengatur termperatur, menejemen alarm, dan berbagai macam pengaturan lainnya.
  • Matras – Matras ini dilengkapi dengan pelindung di bagian samping kanan kiri dan depan belakang yang terbuat dari material kaca atau fiberglas. Matras ini juga bisa dimiringkan ke kanan dan kekiri beberapa drajat untuk memudahkan proses terapi
  • Castor – Di bagian bawah infant warmer dilengkapi dengan 4 buah roda. Dua roda bebas dan dua roda yang lain dapat dikunci.
  • Rak – Sebagian model infant warmer ada juga yang dilengkapi dengan rak untuk menaruh beberapa perlangkapan lain
  • Tiang infus – Tiang infus berfungsi untuk meletakkan botol infus Ketika pasien (infant) dalam kondisi menggunakan infus set.

Beberapa Opsi Perawatan Infant Warmer

Seperti halnya alat kesehatan lainnya, Infant Wamer atau alat penghangat bayi juga membutuhkan perawatan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Perawatan infant warmer tidak terlalu sulit dan rumit sebagaimana alat lain yang menggunakan sistem kontrol mikro komputer. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dalam perawatan infant warmer.

  • Membersihkan bagian – bagian alat dari kotoran yang menempel
  • Melakukan pemeriksaan pada elemen pemanas, dan melakukan penggantian apabila diperlukan
  • Periksa fungsi alarm dan berbagai macam lampu indikator, pasitkan dapat bekerja sebagaimana mestinya
  • Pemeriksaan berbagai macam kabel, seperti kabel sensor suhu, konektor power dan kabel lainnya yang penting
  • Periksa juga bagian saklar (ON/ OFF), dan segera perbaiki apabila terjadi kerusakan
  • Periksa kondisi grounding agar tidak terjadi kebocoran arus.

Lakukan hal tersebut secara berkala dan juga Ketika alat selesai digunakan dan akan disimpan ditempatnya. Nah, itulah sedikit ulasan tentang alat penghangat bayi baru lahir atau yang sering disebut dengan infant warmer. Sekian, semoga bermanfaat ! Untuk anda yang membutuhkan alat ini, anda bisa kunjungi halaman produk infant warmer yang ada di toko kami dan segera hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!