Mengenal 10 Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Kita mengentahui ada banyak sekali alat – alat kesehatan dan kita akan sangat mudah menemukannya bila kita bekunjung ke Rumah Sakit atau Klinik. Namun, tahukah anda apa yang disebut dengan Alat Kesehatan itu ? Definisi tentang alat kesehatan bisa bermacam – macam, namun pada intinya yang dimaksudkan adalah sama.

Pengertian Alat Kesehatan

Definisi Alat Kesehatan secara lengkap bisa kita simak dari pengertian yang dijabarkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 62 Tahun 2017, alat kesehatan adalah :

Instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia dan untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh

Macam Alat Kesehatan 

Secara umum ada beberapa jenis alat kesehatan yang juga dijelaskan oleh Keputunan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 118 Tahun 2014 tentang Kompendium Alat Kesehatan menerangkatn bahwa setidaknya ada tiga macam alat kesehatan yaitu Alat Elektromedik, Non Elektromedik dan alat Diagnostic In Vitro.

10 Contoh Alat Kesehatan Dan Penjelasan Fungsinya

Untuk lebih memperjelas pemahaman kita tentang alat kesehatan, berikut ini kami kutipkan 10 contoh alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit ataupun klinik.

1# – Inkubator Bayi

jual inkubator bayi gea

Saya yakin, sebagian dari anda sudah mengetahui apa itu inkubator bayi. Alat ini digunakan untuk merawat bayi – bayi yang terlahir prematur atau lahir lebih cepat dari perkiraan kelahiran normalnya. Memang tidak semua bayi yang terlahir prematur harus dirawat dengan menggunakan alat ini. Beberapa bayi dengan kondisi tertentu direkomendasikan untuk dirawat di dalam Inkubator Bayi untuk keamanannya.

2# – EKG (Elektrokardiograf)

ekg mindray 12 channel

Sebagian orang menyebutnya sebagai alat rekam jantung. EKG atau ECG memang merupakan alat medis yang berhubungan dengan jantung. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi gangguan kelainan aritma jantung. Cara kerjanya adalah dengan merekam aktifitas otot jantung melalui elektroda yang ditempelkan di dada pasien. Hasil pemeriksaan alat EKG berupa grafik dengan karakteristik yang khas.

3# – Oksigen Concentrator

Oksigen Concentrator Gea 7F-5

Alat Kesehatan lainnya yaitu oksigen concentrator atau bisa juga disebut sebagai alat penghasil oksigen. Alat ini bekerja dengan menghisap udara yang ada di sekitarnya kemudian mereduksi zat – zat yang berbahaya sehingga menghasilkan oksigen murni. Oksigen inilah yang kita gunakan untuk keperluan medis. Fungsi alat ini cukup banyak, bisa digunakan untuk gas medis atau untuk terapi oksigen di rumah agar mempercepat penyembuhan penyakit.

4# – Mesin Anestesi

mesin anestesi mindray

Tidak banyak yang mengetahui alat kesehatan yang satu ini. Mesin Anestesi berada di dalam ruang operasi. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan gas anestesi yang dihirup oleh pasien untuk menghilangkan kesadaran saat menjalani operasi. Alat ini merupakan deretan alat dengan harga yang cukup mahal, hal ini karena fungsinya yang sangat kompleks.

5# – USG (Ultrasonografi)

usg mindray dp 10

Sebagian orang mengenal alat USG hanya digunakan untuk melihat perkembangan atau jenis kelamin pada janin. Padalah jauh lebih dari itu. USG merupakan alat pencitraan organ dalam tubuh manusia dengan teknologi gelombang suara ultra. Salah satu fungsinya yaitu untuk melihat perkembangan janin. Tapi bisa juga digunakan untuk memeriksa organ lain seperti jantung, liver, ginjal dan lain sebagainya.

6# – Pasien Monitor

pasien monitor mindray mec 1000

Mungkin kita pernah melihat satu monitor yang berada di samping orang yang dirawat di dalam ruang ICU. Di dalam monitor tersebut bisa kita lihat gambar grafik dan juga beberapa angka – angka. Nah, itulah alat kesehatan yang disebut dengan pasien monitor. Yaitu sebuah monitor elektromedik dimana dokter dapat memantau kondisi fisiologis kesehatan pasien secara real time.

7# – Chemistry Analyzer

mindray ba 88a

Alat ini disebut juga dengan istilah Photometer karena di dalam alat ini terdapat sensor yang berhubungan dengan cahaya yang dikenal dengan sensor photometer. Alat ini merupakan alat diagnostic in vitro yaitu alat yang digunakan untuk menganalisa unsur – unsur kimia dalam darah. Chemistry Analyzer umumnya digunakan di laboratorium medis klinik atau Rumah Sakit.

8# РDefibrillator 

mindray d3

Kita sering melihatnya di sebuah tayangan di TV dimana seorang dokter menolong pasien dengan menggunakan alat yang mirip strika. Itulah Defibrillator. Alat ini berfungsi untuk menormalkan kembali detak jantung yang acak akibat serangan jantung. Di negara – negara maju, alat ini bahkan sudah menjadi alat publik yang dipasang di tempat – tempat umum seperti di bandara, stasiun, stadion dan tempat umumlainnya.

9# – CPAP

cpap reswell 830

Ini adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk membantu pernapasan pada manusia. Tepatnya untuk membantu mengatasi syndrome sleep apnea, gangguan pernapasan pada saat orang tertidur. CPAP (Continuous Positive Air Pressure) bekerja dengan cara memberikan udara bertekanan untuk mempertahankan saluran  nafas tetap terbuka dalam kondisi tertidur.

10# – Audiometer

audiometer maico ma 25

Audiometer termasuk juga sebagai alat diagnostik atau alat ukur. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada seseorang dengan mengukur respon pendengaran terhadap suara dengan volume dan frekuensi yang berbeda. Dari pengukuran yang dilakukan menggunakan alat Audiometer ini didapatkan sebuah grafik respon telinga kanan dan kiri terhadap suara yang diperdengarkan pada alat tersebut. Dari situ dokter akan menyimpulkan dan menentukan tingkat ketulian seseorang.

Nah itulah 10 contoh alat kesehatan dan fungsinya yang bisa kami bagikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *