alat defibrillator

Mengenal Alat Pacu Jantung Defibrillator

Defibrillator, merupakan alat medis yang sangat penting untuk kebutuhan rumah sakit, klinik dan pusat – pusat layanan medis lain. Bahkan di negara maju, defibrillator menjadi salah satu perangkat keselamatan yang ditempatkan di pusat – pusat keramaian. Tahukah anda apa itu defibrillator ? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian/ Devinisi Defibrillator

Defibrillator merupakan peralatan medis yang tergolong alat Elektromedik. Disebut juga sebagai alat pacu jantung atau alat kejut jantung. Jika kita artikan, defibrillator merupakan alat medis yang berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal karena beberapa faktor seperti serangan jantung, henti jantung dan lain sebagainya yang berakitbat pada tidak normalnya irama jantung.

Fungsi & Cara Kerja Defibrillator

Pada dasarnya, defibrillator berfungsi sebagai alat penyelamatan jiwa dari gangguan jantung mendadak seperti Fibrilasi Ventrikel / Ventricular Tachycardia (VT). Gejala ini ditandai dengan geratran jantung yang sangat cepat. Jika ini berlangsung dalam waktu lama, dapat menimbulkan kekurangan oksigen pada otak karena jantung tidak dapat memompa darah atau sirkulasi darah ke otak terganggu. Bahkan hal ini dapat memicu kematian mendadak.

Disinilah peran alat defibrillator, dengan ditambah tindakan Resusitasi kemudian defibrillator akan bekerja untuk merestart jantng sehingga ia akan memulai detaknya dengan normal.

Kejutakn listrik dengan skala tertentu dialirkan melalui dada pasien yang membuat jantung kembali memulai detaknya dengan normal. Tindakan ini perlu dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman atau minimal telah mendapatkan training penggunaan alat Defibrillator dan AED.

Jenis – Jenis Defibrillator

Berdasarkan fitur dan mode nya ada dua jenis defibrillator yang sering dijumpai dipasaran. Defibrillator Monitor dan AED (Automated External Defibrillator). Defib Monitor disebut juga Defib Manual karena pengguna bisa menentukan berapa besarnya energi yang akan dia gunakan untuk sengatan.

Disebut defibrillator monitor karena dilengkapi dengan layar monitor. Dan memang umumnya, jenis ini memiliki fitur sebagai alat monitor EKG, seperti pada produk Defibrillator Mindray d3.

Untuk jenis AED (Automated External Defibrillator) merupakan alat defibrillator otomatis dimana alat tersebut dapat menganalisa besarnya impedansi pasien dan juga interpretasi gelombang EKG dari pasien sehingga Energi yang diberikan dapat teranalisa secara otomatis. Pada AED juga dibekali fitur “Panduan” dimana anda akan mendapatkan panduan (langkah – langkah) yang akan menuntun anda cara penggunaan melalui perintah suara.

Mengenal Bagian – Bagian Defibrillator

Baik defibrillator manual atau otomatis (AED) umumnya memiliki bagian – bagian yang sama, hanya saja berbeda bentuknya. Berikut ini beberapa bagian defibrillator dan AED secara umum :

  1. Baterai – Sebgaimana kita ketahui, defibrillator merupakan alat listrik yang jelas membutuhkan baterai dalam beroperasi. Umumnya baterai defibrillator yang digunakan adalah baterai jenis rechargeable (dapat di isi ulang) dengan umur hidup yang lama (5 tahun)
  2. Pads Defibrillator – Merupakan dua buah Elektroda yang digunakan untuk mengalirkan Energi listrik dari Unit Defibrillator / AED ke dada pasien.
  3. Monitor – Hanya terdapat pada defibrillator monitor/manual, dan umumnya tidak terdapat pada AED.
  4. Kabel ECG – Bagian ini hanya terdapat pada jenis defibrillator monitor, yaitu modul kabel yang digunakan untuk pemantauan EKG.
  5. Kabel SpO2 – Sebagaimana modul EKG defib monitor juga sebagian dilengkapi dengan modul SpO2 untuk pemantauan saturasi oksigen.

Harga Defibrillator

Defibrillator merupakan perangkat keselamatan yang seharusnya ada di rumah sakit / klinik dan berbagai pusat layanan medis lainnya. Bahkan juga alat ini sudah menjadi perangkat emergency umum yang terdapat di berbagai tempat – tempat umum seperti di bandara, stadion, resort, hotel dan tempat lain yang sring dikunjungi banyak orang.

Anda yang membutuhkan produk defibrillator untuk berbagai kebutuhan, bisa lihat katalog defibrillator di website ini. Kami adalah Distributor Alat Kesehatan Resmi yang menjual seluruh peralatan medis yang ada di rumah sakit & klinik termasuk aneka macam model dan tipe defibrillator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *